Sabtu, 21 Januari 2012

SEPAK terjang Nazi dengan pemimpinnya Adolf Hitlernya tidak bisa dipungkiri menjadi bagian dari sejarah dunia. Mungkin karena sisi kelam yang dibawanya, hampir setiap aspek Nazi tertutup di museum-museum Jerman. Tapi, hingga 6 Februari Museum Sejarah Jerman untuk pertama kalinya mengeksplorasi kepribadian Hitler.

Jika sedang berada di Jerman sebelum tanggal 6 Februari, Anda yang penasaran dengan kepribadian pemimpin tertinggi Nazi, Hitler, bisa melihat pameran bertema "Hitler dan Jerman."

Pada pemeran tersebut, Anda bukan hanya bisa mengeksplorasi keberhasilan Hitler memperoleh kekuasaan, tetapi juga ketika ia mengalami kekalahan total dalam Perang Dunia II.

Bukan hanya koleksi mengenai sang Fuhrer, pameran ini juga memiliki banyak koleksi Nazi yang 'menakutkan' seperti poster propaganda, patung Hitler, permainan kartu membantu pemain untuk mempelajari nama-nama petinggi Nazi, manset korps pesta Nazi SS dan kap lampu swastika berwarna merah untuk dekorasi pohon Natal.

Pemeran ini juga terbuka untuk anak-anak dimana mereka bisa melihat miniatur boneka pasukan nazi beserta kendaraan mininya dan boneka mini Hitler dengan gayanya yang khas.

Meski mengungkap berbagai sisi Nazi, pameran diimbangi dengan bukti kebenaran dan fakta-fakta lain dibalik gambar-gambar propaganda, seperti orang-orang Yahudi yang mendapat perlakukan diskriminasi dan lain sebagainya. Hal ini dimaksudkan untuk menangkis tuduhan bahwa pameran akan menarik simpatisan sayap kanan dan memuliakan bagian paling gelap dalam sejarah Jerman.

Anda bisa menemukan Museum Sejarah Jerman di Pei-Building, Hinter dem Gießhaus 3, Berlin. Museum ini buka mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Untuk informasi lebih lengkap Anda bisa mengunjungi situs www.dhm.de.(MI/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar